Awal tahun, KKAB Jangkau Makassar dan Meresmikan RBI Kembali

Categories: Artikel,Events,Pendidikan

Salah satu program dari Bidang Pendidikan KKAB adalah mendirikan Rumah Baca Indonesia (RBI) di seluruh NKRI dari Sabang sampai Merauke. Pembangunan RBI KKAB ini terus berjalan, menjangkau wilayah-wilayah yang membutuhkan khususnya, agar dapat turut mencerdaskan bangsa yang bhinneka di negeri ini melalui generasi yang gemar membaca dan berpengetahuan.
Bekerjasama dengan Yayasan Anak Bangsa Berakhlak Mulia (Anak BBM) dan Pemerintah Kota Makassar, dan didukung oleh One Sweet Day Crew (OSDC), KKAB membuka RBI KKAB yang ke-26 (RBI 26 KKAB) di Sulawesi Selatan, yang berlokasi di Perpustakaan dan Taman Baca Rusunawa Mariso, Makassar.  22 Januari 2016, seremoni peresmian RBI ke-26 KKAB dihadiri dan diawali dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Anak BBM, Hana Sinjaya, sambutan Ketua KKAB, Tony Wijaya, dan puncaknya sambutan perwakilan dari Pemerintah Kota Makassar yang dirangkai dengan penandatanganan MoU Kerjasama antara KKAB dengan Anak BBM, dan penyerahan plang RBI 26 KKAB. RBI 26 KKAB telah resmi berdiri. Di akhir kegiatan peresmian, Tim KKAB juga bermain-main dengan sekitar 200 (dua ratus) anak-anak yang merupakan warga Rusunawa Mariso dan penduduk sekitarnya, yang diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan bagi anak-anak tersebut. Anak-anak tersebut adalah sebagian dari mereka yang kelak akan menikmati buku-buku sumbangan dari OSDC melalui RBI 26 KKAB. Tidak lupa, kakak-kakak dari KKAB berpesan kepada adik-adik Rusunawa Mariso agar rajin membaca dan belajar melalui buku-buku yang ada di RBI 26 KKAB.
Pada kesempatan Peresmian RBI 26 KKAB juga diluncurkan program perpustakaan keliling dengan namaPERKASA (Perpustakaan Keliling Anak Bangsa) dengan harapan buku-buku di RBI 26 KKAB dapat menjangkau lebih banyak warga di wilayah sekitar lokasi RBI 26 KKAB bahkan hingga ke lorong-lorong.
Pada hari yang sama, KKAB berkesempatan juga bertemu dengan beberapa komunitas di Makassar, untuk memperluas kerjasama dan rencana jangka panjang pembentukan cabang/perwakilan di Indonesia bagian timur. Difasilitasi oleh seorang Saudara KKAB, Budianto Napoh, KKAB berkenalan dan berdiskusi dengan beberapa gerakan/komunitas di Makassar di antaranya paguyuban kegiatan sosial KPP Sulawesi Selatan, Persekutuan Mahasiswa Antar Universitas (Perkantas) Sulawesi Selatan, Save Their Live Community (STLC) dan Yayasan Lepra. Dalam pertemuan tersebut terjalin perkenalan dan diskusi yang hangat, selain itu dirangkaikan juga dengan kegiatan sosial berupa donasi buku dari KKAB untuk suatu rumah belajar yang berlokasi di Desa Dongi, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur asuhan pemerhati pendidikan Victor Sumua Sanga yang diwakilkan kepada Budianto Napoh. Diskusi dengan beberapa komunitas tersebut dilanjutkan kembali keesokan harinya, 23 Januari 2016. Dalam kesempatan tersebut juga KKAB memberikan donasi untuk Yayasan Lepra di Kota Makassar sebagai kegiatan Pelayanan Sosial KKAB. Semoga perkenalan dan diskusi singkat yang telah terjadi antara KKAB dengan gerakan/komunitas di Makassar ini dapat memperluas persaudaraan dan membuahkan kerjasama dalam berkegiatan.
Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan bagian dari KKAB Jangkau Makassar pada tanggal 22-23 Januari 2016 yang dirangkaikan dengan Kegiatan Peresmian RBI 26 KKAB.
Lima orang anggota Tim KKAB, termasuk Ketua KKAB terbang dari Jakarta untuk kegiatan “KKAB Jangkau Makassar dan Peresmian RBI 26 KKAB”. Selain dengan rangkaian kegiatan yang telah diuraikan di atas, Tim KKAB pun sempat mngunjungi beberapa tujuan wisata di antaranya Fort Rotterdam yang bersejarah, Pantai Losari sang ikon kota Makassar dan Pulau Samalona. Sedikit keluar dari Kota Makassar, Tim KKAB mengunjungi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di kabupaten Maros. Tidak terlewatkan, Tim KKAB mencoba kuliner khas Makassar di antaranya Coto Makassar dan Sop Konro serta kudapan yang nikmat seperti Pisang Ijo dan Jalangkote.
Dari perjalanan Tim KKAB kali ini, semakin membuktikan betapa indah, luas dan kaya Indonesia,serta indahnya berbagi. Kiranya sumbangsih kecil yang ditorehkan KKAB pada kesempatan ini dapat memberikan dampak bagi persatuan dan kemajuan anak bangsa Indonesia.
Perbedaan itu Indah, Keberagaman itu Anugerah.
Data Donatur untuk RBI 26 Makassar
83b937ec-13ab-4ee6-8077-e2635d833b69
Author: KKAB Administrator

Leave a Reply

− 1 = 8