Rumah Baca Indonesia ke 32 di Pulau Raam – Sorong Papua

Categories: Artikel,Events,Pendidikan

12 Desember 2016 merupakan hari bersejarah bagi anak-anak Pulau Raam, Sorong Papua – Rumah Baca Indonesia ke 32 resmi didirikan di atas bangunan PAUD Yayasan Pelangi Negeriku. Bersama dukungan dari Yayasan Gema Kasih & Harapan dan ONE Indonesia, memfasilitasi lebih dari 300 anak dari usia PAUD dan SD dengan 1000 lebih buku bacaan.

8

Berjarak kurang lebih 20 menit dari pantai kota sorong, tim KKAB dan rombongan menyeberang menggunakan kapal kecil tanpa atap menuju Pulau Buaya, nama lain Pulau Raam; dengan mayoritas penduduknya merupakan pendatang yang juga bermata pencaharian sebagai nelayan.

3

Peresmian Rumah Baca Indonesia (RBI) ke 32 ini dibuka dengan lagu Indonesia Raya serta beberapa kata sambutan dari Ketua Divisi Pendidikan, Arifa Tan; Ketua Yayasan Pelangi Negeriku, Evelin Dotulong; dan Ketua One Indonesia, Irene Umar. Acara dilanjutkan dengan pemberian papan nama RBI 32, simbolis buku, gambar Garuda Pancasil dan Bendera Indonesia. Anak-anak sangat antusias untuk menampilkan pertunjukan tarian dan nyanyian lokal. Dan para penonton juga sangat menikmati penampilan anak-anak Yayasan Pelangi Negeriku.

 

16

 

Menariknya pada peresmian Rumah Baca kali ini adalah anak-anak berkumpul bersama dan ingin mendengarkan langsung kakak-kakak dari Jakarta untuk membacakan buku dan bercerita. Maka setelah selesai acara, anak-anak dikumpulkan dan kak Irene dari ONE Indonesia membacakan buku cerita dengan gaya yang menyenangkan.

17

Harapannya dengan didirikannya Rumah Baca di pulau Raam ini, anak-anak bisa mendapatkan cara pandang berbeda tentang masa depan mereka dan tidak meniru siklus pengkapan ikan menggunakan bom ikan yang dilakukan orang tua mereka serta terdorong untuk melestarikan alam yang mereka miliki di pantai timur Indonesia.

Laporan

 

 

 

 

 

 

 

Author: KKAB Administrator

Leave a Reply

1 + 1 =