Fasilitas MCK untuk Korban Bencana Gunung Agung

Tags: , , ,

Categories: Artikel,Kesejahteraan,Pelayanan Masyarakat

Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl. Gunung yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Setelah mengalami letusan pada tahun 1963. Tahun ini, tepatnya pada 22 September 2017 pukul 20.30 Wita, status Gunung Agung dari siaga (Level III) menjadi awas (Level IV). Berdasarkan info dari Posko Tanah Ampo, terdapat 20.529 jiwa mengungsi 11.003 jiwa dari di antaranya ke Desa Les dan Desa Tembok di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Warga di pengungsian membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak, seperti fasilitas MCK dan kebutuhan berupa makanan, selimut, dan obat-obatan.

IMG-20170929-WA0002

Kesempatan mulia ini pun dimanfaatkan baik oleh Divisi Pelayanan Masyarakat dan Tanggap Bencana KKAB, mendukung inisiatif Alumni Smansa90 Singaraja yang langsung turun ke lokasi pengungsian membangun fasilitas MCK berupa masing-masing 4 toilet di 3 lokasi berbeda, yaitu di Desa Les, Desa Tembok dan Desa Bondalem. Penerimaan dana dari para donatur sebesar  Rp. 16.000.000,- telah disalurkan dalam waktu 2 hari sejak dana diterima KKAB dan survey selesai dilaksanakan. Terlihat pada gambar fasilitas MCK saat survey dilakukan dan foto toilet telah selesai dikerjakan.

Fasilitas MCK saat survey IMG-20170926-WA0016

Fasilitas MCK setelah selesai dikerjakan

Kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa adanya dukungan dari para donatur yang telah mengirimkan donasi ke KKAB dan spontanitas keluarga Alumni Smansa90 Singaraja. Fasilitas MCK ini adalah tanda kasih agar warga yang tinggal di pengungsian dapat menggunakan fasilitas yang lebih nyaman dan memadai.

“Secara rutin akan dievaluasi kebutuhan lanjutan lainnya dan kami mengharapkan dukungan yang konsisten dari para donatur dan relawan agar terus mengobarkan semangat “menyame-braya” (persaudaraan), “ujar Tony Wijaya, ketua Komunitas Kami Anak Bangsa.

Perbedaan itu Indah, Keberagaman itu Anugerah”

 

www.kkab.org
Twitter & IG: @KomunitasKAB
Fanpage FB: Komunitas Kami Anak Bangsa
Email: info@kkab.org

Author: KKAB Administrator

Leave a Reply

88 − 78 =